Senin, 07 Desember 2015

Air Terjun Goa Rangreng - Gianyar


GOA RANG RENG / credit: Anggara Mahendra

Ngomongin soal berwisata di Bali, sepertinya kita tidak akan pernah kehabisan cerita. Dari tempat wisata yang sudah ada sejak dulu hingga makin banyak pula objek wisata baru yg bermunculan. Bagi kawan-kawan penghobi jalan-jalan, apalagi yang selalu update dengan tempat wisata baru pasti sudah langsung tahu ketika ditanyakan tentang Air Terjun Goa Rang Reng. Katanya kalo weekend pengunjungnya bisa mencapai seribuan orang. Wooow.. menarik ya, objek wisata yang dikelola masyarakat Banjar Gitigit dan baru dipublikasikan sekitan tiga bulan ini berarti memiliki daya tarik wisata yang cukup menarik. Saya pun penasaran, jadi memutuskan untuk berkunjung weekend kemarin (20151205).

 
Air terjun Goa Rang Reng, berjarak sekitar 31km dari Kota Denpasar. Lokasinya di Banjar Gitgit, Desa Babakan, Gianyar. Jika kalian dari kota Gianyar, dengan perjalanan 3km saja sudah sampai di lokasi, sudah ada sign besar di pinggir jalan. Kendaraan roda empat bisa parkir di dekat jalan raya, tapi untuk kendaraan roda dua bisa masuk lagi ke dalam hingga tempat parkir di ujung jalan, tepat sebelum jalan turunan dengan puluhan anak tangga menuju air terjun.


Sesuai dengan namanya, daya tarik tempat ini ada dua yaitu keindahan air terjun serta goa yang bernama Rang Reng. Mengapa namanya Rang Reng? Artinya apa? Pertanyaan ini sudah menjadi bekal kami datang kesana, hehe


Bapak Nyoman menunjukkan jalan menuju ke goa, dan menemani kami berkeliling. Sambil mulai berjalan, ia pun mulai bercerita tentang sejarah goa dan air terjun. 


Konon cerita di mulai dari kegundahan hati sang raja dari Kerajaan Bedahulu (belum ada sumber jelas angka tahunnya) karena rakyatnya di daerah Gianyar Selatan tidak bisa bercocok tanam oleh karena tidak adanya sumber irigasi. Maka diperintahkanlah Kebo Iwa untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Kebo iwa diutus ke Bangli untuk mencuri aliran sungai untuk dialirkan ke daerah selatan. Namun dengan kecerdikannya dan kesaktiannya ia cukup hanya meminta secangkir air dari Bangli untuk di bawa pulang. Olehnya dibuatlah pula sebuah goa untuk tempat air tersebut. Berkat kekuatan yang ia miliki goa yang konon dibuat hanya dengan menggunakan tangannya berhasil dibuat dalam semalam (bila berkunjung ke dalam goa bisa diperhatikan di sekitar dinding dan langi-langit goa nampak seperti bekas jari-jari tangan). Ditaruhlah air yang ia bawa tersebut disana dan jadilah aliran air yang deras menuju daerah selatan. Karena itulah sungai yang alirannya sampai ke daerah Lebih ini dinamai Tukad Cangkir. Sejak itu rakyat di daerah selatan bisa bercocok tanam karena sudah ada aliran air untuk irigasi.

Untuk nama Rang Reng, konon diberi nama tersebut karena warna di dalam goa yang beraneka warna, ada yg agak keputihan, ada yg lebih gelap, coklat, hitam, biru gelap dan karena itu warga susah menyebutkan namanya, lalu disebutlah Rang Reng. “Saya sudah mendapati namanya begini sudah dari jaman tetua saya,”jelas Pak Nyoman sambil menerangkan bahwa belum ada penjelasan lebih lengkap lagi tentang nama Rang Reng selain karena hal warna. Nah air terjun yang kini sedang ramai dikunjungi ini adalah aliran air dari goa tersebut yang melalui bebatuan berundak2 sebelum mengalir menuju sungai, makanya namanya sama.


Di mulut goa terdapat campuhan (pertemuan dua sumber air) yang juga merupakan hulu Tukad cangkir, airnya berasal dari sungai dari daerah Bangli dan Gianyar utara. Bagi umat Hindu campuhan ini adalah tempat yang disucikan, digunakan untuk tempat melukat (meruwat/membersihkan diri). Selain itu campuhan ini juga digunakan untuk tempat ‘ngayut’ (salah satu rangkaian upacara ngaben) oleh warga desa. 


Setelah berbincang dengan seorang warga lokal sana, di areal air terjun ada juga sebuah cerukan seperti kolam yang konon merupakan tempat pemadian Ibu Teli. Jadi bagi pasangan yang menikah sudah lama tapi belum juga dikaruniai keturunan bisa mandi dan berendam disana, baiknya dilakukan saat pernama atau tilem (kajeng kliwon tidak disarankan) dan katanya sebaiknya dilakukan setiap 42hari. Entah benar atau tidak, katanya sih dari dulu banyak yang melakukannya dan berhasil, ahhhh kalau hal yang ini kita kembalikan ke kepercayaan masing-masing saja lah ya,hehe (untuk informasi lengkapnya mungkin bisa ditanyakan lagi disana)


Nah... sekarang sudah tahu kan sejarah tempatnya, jadi makin ngerti lah ya kalo areal tempat wisata Air terjun Goa Rang Reng adalah juga merupakan tempat suci, jadi mesti berwisata santun donk yaa :)



Note :

- Bagi pengunjung yang beragama Hindu bila tidak membawa canang bisa membeli canang di penjual yang ada di areal parkir. Sebungkus canang berisi lima buah canang harganya lima ribu rupiah. Bila akan berkunjung ke dalam goa dan air terjun, lima canang sudah cukup (satu canang untuk di Pelinggih Tegal Penangsaran, satu canang untuk batu besar di depan goa, satu canang untuk Pelinggih di dalam goa, dan dua canang untuk di Pelinggih dekat air terjun).

- Dimohonkan untuk berpakaian yang sopan, apalagi ketika masuk ke dalam goa, mengingat ini juga merupakan tempat suci diharapkan semua pengunjung agar menjaga perkataan dan perilaku, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

- Untuk pengunjung wanita yang sedang datang bulan dimohonkan agar tidak memasuki goa.

- Sudah disediakan dua bilik sederhana untuk ganti baju seusai mandi di air terjun.

- Tempat sampah sudah disediakan dibeberapa titik, jadi tidak ada alasan lagi untuk membuang sampah sembarangan.

- Silahkan ambil foto sebanyak-banyaknya deh, cuma jangan lupa hati-hati karena lumayan licin kalo manjat-manjat di air terjunnya.



Selamat berkunjung kawan-kawan


Salam,

kristinakomala


Tidak ada komentar:

Posting Komentar